Senin, 01 Agustus 2016

Film Pendek Indonesia Masuk Venice Internasional Film Festival 2016

Rifanfinancindo
Simbol Venice International Film Festival


PT Rifan Financindo Berjangka - JAKARTA - Film pendek Indonesia berjudul "On the Origin of Fear" yang disutradarai Bayu Prihantoro Filemon masuk kompetisi Venice Internasional Film Festival  2016.

Karya sinematografi berdurasi 12 menit itu masuk program Orizzonti di Venice International Film Festival ke-73, yang akan dilaksanakan pada 31 Agustus - 10 September 2016 di Venice, Italia, demikian keterangan yang diterima ANTARA News di Jakarta, Sabtu (30/7/2016).

Orizzonti adalah program kompetisi bagi film-film yang mampu menghadirkan temuan estetik dan ekspresi baru. Film dengan durasi 12 menit tersebut akan diputar pertama kali pada skala dunia dalam festival film tertua di dunia itu.

"Dalam banyak peristiwa, tampak jelas bahwa kekerasan dan reproduksi kekerasan merupakan hak monopoli negara. Tidak terkecuali bila negara dan sinema bekerja bersama untuk mereproduksi kekerasan, teror, dan ketakutan, dengan mengatasnamakan sejarah," catat Bayu Prihantoro Filemon, sutradara asal Yogyakarta, mengenai film yang ditulis dan disutradarainya.

"On the Origin of Fear" adalah debut Bayu sebagai sutradara. Sebelumnya, ia menjadi sinematografer untuk film "Vakansi yang Janggal dan Penyakit Lainnya", "Istirahatlah Kata-Kata", dan "Kisah Cinta yang Asu", yang terlebih dahulu ada di peredaran festival film International.

Amerta Kusuma dan Yulia Evina Bhara selaku produser film, mengemukakan: "Sejatinya film ini adalah upaya kami, generasi muda Indonesia untuk melihat kembali sejarah yang selama ini kabur."

Keduanya mencatat: "Film ini dibuat berangkat dari sebuah trauma melihat reproduksi kekerasan dalam film yang pada zaman Orde Baru menjadi film yang terus menerus ditayangkan setiap 30 September."

Amerta Kusuma menambahkan, film "On the Origin of Fear" adalah salah satu dari empat film pendek yang dibuat menandai 50 tahun pascatragedi 1965 dengan harapan ada ruang-ruang diskusi untuk tidak tabu lagi membicarakan isu itu, dan memahami sejarah kelam Indonesia pada masa lalu.

Ia berharap ada inisiatif-inisiatif maju untuk mencoba menyelesaikannya agar sebagai generasi muda bisa menatap jauh ke depan, dan tidak mengulangi tragedi pada masa lalu.

"On the Origin of Fear" adalah produksi kolaborasi dari KawanKawan Film, Limaenam Films, dan Partisipasi Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar